RPP PAI VIII/1-1-1.2
Jumat, 20 April 2012
0
komentar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi
Pembelajaran
- Bacaan qalqalah dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan qalqalah, tafkhim,
dan tarqiq.
2). Elaborasi
·
Siswa
berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan
bimbingan .
3) Konfirmasi
·
Guru
bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI
Kelas VIII .
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf
Al-Quran
·
VCD
pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§
Membaca bacaan qalqalah
dengan benar.
§
Membaca bacaan ra tebal
dengan benar.
§
Membaca bacaan ra tipis
dengan benar.
§
Menerapkan hukum bacaan
qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab.
§
Menerapkan hukum bacaan
ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.
|
Tes unjuk
kerja
|
Tes
identifikasi
|
· Bacalah potongan-potongan ayat berikut
dengan memperhatikan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq!
تَبَّتْ
يَدَا أَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ (۱)
مَآ أَغْنى عَنْهُ
مَالُه وَمَا كَسَبَ (٢) سَيَصْلى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (٣) وَامْرَأَتُهُ
حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (٤) فِي جِيْدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
(٥) ( اللهب : ۱-٥)
وَمَنْ
يُهِنِ اللهُ فَمَا لَه مِنْ مُكْرِمٍ إِنَّ اللهَ يَفْعَلُ مَا يَشَآءُ
( الحج : ۱٨)
|
Rubrik/Pedoman
penilaian :
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
· Kelancaran
· Bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq
· Makhraj
|
· Membaca dengan lancar
· Tidak melakukan kesalahan bacaan qalqalah
dan lam jalalah serta makhrajnya
|
100
|
· Membaca dengan lancar
· Melakukan 1-2 kesalahan bacaan qalqalah dan
lam jalalah serta makhrajnya
|
90
|
|
· Melakukan 3-4 kesalahan bacaan qalqalah dan
lam jalalah serta makhrajnya
|
80
|
|
· Melakukan 5-6 kesalahan bacaan qalqalah dan
lam jalalah serta makhrajnya
|
70
|
|
· Melakukan 7-8 kesalahan bacaan qalqalah dan
lam jalalah serta makhrajnya
|
60
|
|
· Melakukan
lebih dari 8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta
makhrajnya
|
50
|
Cilongok,
1 Juli 2012
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO
UTOMO MUSTOFA,
S.Ag
NIP.
196203161983011001 NIP.
197103311998021001
Saran
Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar