RPP PAI VIII/1-1-1.2
Jumat, 20 April 2012
0
komentar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Mepraktekkan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi
Pembelajaran
- Bacaan qalqalah dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan tafkhim dan tarqiq dalam ayat-ayat pilihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan qalqalah, tafkhim,
dan tarqiq.
2). Elaborasi
·
Siswa
berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing dengan
bimbingan .
3) Konfirmasi
·
Guru
bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI
Kelas VIII .
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf
Al-Quran
·
VCD
pembelajaran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§
Membaca bacaan qalqalah
dengan benar.
§
Membaca bacaan ra tebal
dengan benar.
§
Membaca bacaan ra tipis
dengan benar.
§
Menerapkan hukum bacaan
qalqalah dengan membaca QS. al-Ikhlash dan QS. al-Lahab.
§
Menerapkan hukum bacaan
ra dengan membaca potongan ayat-ayat al-Quran.
|
Tes unjuk
kerja
|
Tes
identifikasi
|
· Bacalah potongan-potongan ayat berikut
dengan memperhatikan bacaan qalqalah, tafkhim dan tarqiq!
![]() ![]() ![]()
مَآ أَغْنى عَنْهُ
مَالُه وَمَا كَسَبَ (٢) سَيَصْلى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ (٣) وَامْرَأَتُهُ
حَمَّالَةَ الْحَطَبِ (٤) فِي جِيْدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ
(٥) ( اللهب : ۱-٥)
![]()
( الحج : ۱٨)
|
Rubrik/Pedoman
penilaian :
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
· Kelancaran
· Bacaan qalqalah, tafkhim, dan tarqiq
· Makhraj
|
· Membaca dengan lancar
· Tidak melakukan kesalahan bacaan qalqalah
dan lam jalalah serta makhrajnya
|
100
|
· Membaca dengan lancar
· Melakukan 1-2 kesalahan bacaan qalqalah dan
lam jalalah serta makhrajnya
|
90
|
|
· Melakukan 3-4 kesalahan bacaan qalqalah dan
lam jalalah serta makhrajnya
|
80
|
|
· Melakukan 5-6 kesalahan bacaan qalqalah dan
lam jalalah serta makhrajnya
|
70
|
|
· Melakukan 7-8 kesalahan bacaan qalqalah dan
lam jalalah serta makhrajnya
|
60
|
|
· Melakukan
lebih dari 8 kesalahan bacaan qalqalah dan lam jalalah serta
makhrajnya
|
50
|
Cilongok,
1 Juli 2012
Mengetahui Guru Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO
UTOMO MUSTOFA,
S.Ag
NIP.
196203161983011001 NIP.
197103311998021001
Saran
Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar