Rencana Pembelajaran VIII -1-1.1
Kamis, 19 April 2012
0
komentar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1 Cilongok
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
VIII/1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Menjelaskan
hukum bacaan Qalqalah, Lam dan Ra
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat memahami pengertian dan huruf Qalqalah, menjelasakan pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra serta membedakan tafkhim dan tarqiq baik pada lam maupun ra'.
Karakter siswa yang
diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Materi
Pembelajaran
- Pengertian Qalqalah
- Huruf-huruf Qalqalah
- Lafaz yang mengandung bacaan qalqalah
- Pengertian tafkhim dan tarqiq pada huruf lam dan ra
- Lafdzu jalalah
- Perbedaan bacaan tafkhim atau tarqiq pada lam dan ra'.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
- Guru bertanya mengenai ilmu tajwid.
- Guru memotivasi siswa mengenai keutamaan belajar ilmu tajwid dan manfaatnya.
- Guru memilih beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al Qur'an di atas rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
·
Guru
menjelaskan ketentuan-ketentuan bacaan qalqalah beserta huruf-hurufnya.
2). Elaborasi
·
Siswa
berdiskusi untuk mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan lafaz-lafaz yang
mengandung bacaan qalqalah.
3) Konfirmasi
·
menyampaikan
kesulitan-kesulitan yang dialami dalam kelompok masing-masing, guru sebagai
fasilitator.
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam KD ini.
Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak ?
Sumber
Belajar
·
Buku PAI
Kelas VIII .
·
LKS MGMP
PAI SMP / MTS
·
Mushaf
Al-Quran
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
§
Menjelaskan pengertian
hukum bacaan qalqalah.
§
Menjelaskan macam-macam
hukum bacaan qalqalah dan menyebutkan contoh-contohnya.
§
Menjelaskan pengertian
hukum bacaan ra.
§ Menjelaskan macam-macam hukum bacaan ra dan menyebutkan
contoh-contohnya.
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
§
Jelaskan pengertian qalqalah!
§
Sebutkan huruf-huruf
qalqalah!
§
Jelaskan pengertian
tafkhim !
§
Jelakan pengertian tarqiq
§
Apakah yang dimaksud lam jalalah!
|
Isilah dengan jawaban yang tepat !
a
TAFKHIM = Jika lafaz mengandung
bacaan tafkhim
a
TARQIQ = Jika lafaz mengandung
bacaan tarqiq
عَذَابُ اللهِ
|
خَزَائِنُ
اللهِ
|
أَلَيْسَ اللهُ
|
مِنْ دُونِ اللهِ
|
قُلِ اللهُ
|
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
|
كَرْبٍ
|
فِرْعَوْنَ
|
زُرْتُمُ
|
وَالْفُرْقَانَ
|
وَاْلأَرْضُ
|
6.
|
7.
|
8.
|
9.
|
10.
|
Cilongok,
1 Juli 2012
Mengetahui Guru
Mapel PAI
Kepala Sekolah
M. PRIYO
UTOMO MUSTOFA, S.Ag
NIP.
196203161983011001 NIP. 197103311998021001
Saran
Kepala Sekolah :
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar